Berita Oto RacingReview ProdukTest DriveAgendaTipsKamus OTO Polling Links
Lainnya   

Mengenal Berbagai Bentuk Bodi Mobil

Mobil sebagai sarana transportasi terdiri dari berbagai macam merek dan bentuk bodi

Mobil sebagai sarana transportasi terdiri dari berbagai macam merek dan bentuk bodi tergantung dari tujuan dan fungsi penggunaan kendaraan.  Tidak ada salahnya mengetahui berbagai bentuk mobil untuk pengetahuan Anda seperti berikut ini :

Dilihat dari fungsinya ada dua jenis mobil yaitu :

  1. Mobil Niaga : digunakan untuk keperluan niaga atau angkutan umum seperti truk, bus dan minibus.
  2. Mobil Penumpang : digunakan untuk keperluan angkutan keluarga yang jumlahnya sekitar 6 orang. Dibedakan menjadi dua yaitu sedan dan jeep.

Macam bentuk bodi kendaraan niaga :

  1. Truk Digunakan khusus untuk mengangkut barang. Didesain tanpa bak belakang dengan tujuan agar pembeli bisa memilih sendiri bentuk baknya. Truk untuk mengangkut barang ringan umumnya memiliki empat roda. Untuk barang-barang berat pada umumnya memiliki lebih dari empat roda. Bentuk truk ada dua yaitu truk dengan hidung dan truk tanpa hidung.
  2. Bus Bus didesain khusus untuk mengangkut orang. Ukurannya bermacam-macam. Bus besar untuk beroperasi di jalan-jalan raya yang lebar dan transportasi jarak jauh. Bus kecil beroperasi di kampung atau jalan kecil antar kota kabupaten. Bentuknya ada dua macam yaitu bentuk berhidung dan tanpa hidung. Sekarang kebanyakan bus didesain tanpa hidung sehingga lebih praktis dan ringkas.
  3. Minibus Adalah bus ukuran mini. Bentuknya sama dengan bus namun ukurannya lebih kecil. Selain digunakan untuk mengangkut penumpang juga digunakan untuk mengangkut barang.

Macam bentuk bodi kendaraan penumpang :

  1. Sedan Merupakan mobil khusus penumpang. Jenis mobil ini paling mewah dibanding mobil lain oleh karenanya pajaknya lebih tinggi dan harganya lebih mahal.
  2. Jeep Adalah mobil penumpang yang banyak digunakan untuk menjangkau medan berat karena lebih lincah. Poros rodanya lebih tinggi daripada sedan.
  3. Minivan Mobil jenis ini cocok untuk keluarga. Kapasitas muatnya lebih banyak dibanding sedan. Bentuknya perpaduan antara mobil niaga dan penumpang. Bodi belakang mirip minibus namun bodi depan mirip sedan. Minivan dapat dilihat mirip dengan jeep namun dengan bodi yang lebih panjang atau mirip minibus dengan hidung depan.

 

Disajikan Oleh : www.oto.co.id

 

Tips lainnya  

Kirim ke Teman       Simpan ke OTO Garage       Print



Pencarian tips :
   
 
Berita
28-August-2014
All New Honda Jazz Sudah Dipesan Ribuan Unit
27-August-2014
Toyota Indonesia Terus Cari Pasar Ekspor Baru
27-August-2014
Autovision Gelar Pelatihan Pasang Lampu
Berita lainnya
Review Produk

Honda CR-Z, Cetar Membahana

Performa Diesel Spin Sangat Menggoda

Mencoba Fitur Istimewa All New Mazda6
Review Produk lainnya
Agenda
Pameran Mobil
Test Drive
Jadwal Balap Nasional
Klub Otomotif
Seminar Otomotif
Agenda lainnya



OtoGarage  |  myOrder  |  Site Map  |  Profil OTO  |  Karir Oto  |  Advertiser
Copyright 2005 PT. OTO MULTIARTHA.   Storage Powered by NetApp